Buka Bersama Desa Binaan

Istilah “buka bersama” di bulan Ramadhan atau yang sering disebut “bukber” ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Momen ini biasanya sekaligus sebagai ajang kumpul- kumpul bersama keluarga maupun bersama kawan-kawan. Namun, bagi Keluarga Alumni Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Gadjah Mada (Kencanawitagama) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (HMTPWK) momen buka bersama ini dilakukan dengan cara yang berbeda.

Pada hari Minggu, 19 Juni 2016, HMTPWK UGM menggelar acara buka puasa bersama dengan  masyarakat Desa Binaan HMTPWK, yakni Dusun Tegalrejo, Kabupaten Sleman. Menurut Sukma Aditya (PWK 2014), selaku ketua dari program Desa Binaan, tujuan dari adanya acara buka puasa bersama ini tiada lain ialah untuk menjalin silaturahmi dengan  masyarakat Dusun Tegalrejo sekaligus menguatkan rasa kekeluargaan dari mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) yang masih aktif dengan para alumni.

Rangkaian acara kegiatan  ini tak hanya sekadar acara buka puasa bersama. Sembari mengisi waktu menjelang adzan magrib, bazzar sembako murah pun diadakan. Mulai dari kebutuhan pokok hingga makanan dan minuman dijual dengan  harga yang sangat murah. Sebotol sirup dijual seharga lima ribu rupiah, mi rebus seharga seribu rupiah, teh seharga lima ratus rupiah, dan masih banyak lagi. Tak perlu menunggu lama, masyarakat langsung berdatangan untuk membeli bahan kebutuhan pokok. Hanya dalam waktu kurang dari satu jam, semua sembako yang dijual langsung laku terbeli. Namun, beberapa warga sempat kecewa karena kedatangannya yang sedikit terlambat membuat mereka pada akhirnya tidak kebagian sembako murah.

Tepat saat adzan magrib berkumandang, para mahasiswa PWK mulai membagikan makanan dan minuman untuk masyarakat Dusun Tegalrejo. Terlihat masyarakat sangat senang dapat menikmati hidangan berbuka puasa bersama sama dengan seluruh masyarakat,  HMTPWK serta Kencanawitagama. Raut wajah bahagia juga terlihat dari anak – anak dari Dusun Tegalrejo yang asyik berfoto serta bermain bersama para mahasiswa PWK.

Setelah rangkaian acara buka puasa selesai, dilakukan penyerahan bingkisan dari Kencanawitagama kepada Dusun Tegalrejo sebagai wujud donasi dan diharapkan bantuan ini dapat bermanfaat. Selain itu, hasil dari bazzar sembako murah juga disumbangkan untuk Masjid Wahyu Al Huda, Tegalrejo agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan masjid dan masyarakat setempat.

Penulis: Ni Luh Putu Hendiliana (PWK 2014, Div. Media dan Informasi HMT PWK UGM)

Tulisan asli di sini

agencywordpress themes